PELUANG USAHA ANDA

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

MBS = Sekolah Bisnis Online

22 February 2016

Berbagi Info Pengalaman Menjadi Direct Selling



Beberapa bulan terakhir ini saya sedang mencoba membuka usaha toko online yang bersystem Dropship / Reseller...

Namun masalah nya adalah, tidak segampang yang kita pikirkan bahwa jualan kita akan laku melalui Online.
Salah satu faktor nya adalah bahwa kita harus memiliki pengaruh terlebih dahulu sebelum kita menawarkan produk jualan kita.

Dan karena merasa gagal dalam mencari tambahan penghasilan, hal inilah membuat saya teringat saat saya bekerja sebagai sales atau marketing lebih tepatnya untuk posisi DS (Direct Selling) pada salah satu perusahaan Distributor Resmi Smartphone area  saya yaitu Kota Palembang...

Tugas Direct Selling itu pun sebenarnya sangat mudah dan enak untuk dilakukan...
Karena Tugas DS pada saat itu adalah menawarkan produk HP ke pegawai kantoran, bukan rumah-rumah atau individu...

Sehingga tugasnya ringan yaitu :
  1. Membuat Jadwal tujuan pemasaran produk untuk harian, mingguan, dan bulanan pada form yang telah dibuat.
  2. Memberikan surat penawaran tentang produk kepada pimpinan perusahaan yang akan di tuju.
  3. Menjelaskan keunggulan produk agar calon pembeli tertarik untuk membelinya.
  4. Membuat Daftar pembeli apabila ada yang ingin membeli produk tersebut.
  5. Aktivasi produk (smartphone) di hadapan pembeli. Menunjukkan bahwa produk yang di beli oleh pembeli adalah produk 100% masih baru, original, dan bergaransi.
  6. Mem-follow up atau memberitahukan kembali kepada calon pembeli untuk segera membeli produknya...

 Tugasnya memberikan surat penawaran produk, nah kalo sudah diberikan, terserah mau ngapain, mau pulang, balik ke kantor, atau mau jalan-jalan terserah. :D  Jika 1 jam selesai 5 perusahaan perhari, maka sisanya terserah kita mau ngapain...
 
Tapi sayangnya yang selalu menjadi kendala adalah Gaji sales yang relatif kecil dibanding gaji UMR yang biasa kita harapkan... dan saya bekerja hanya selama 3 bulan saja karena sesuatu hal ...

Saya melamar kerja menjadi Direct Selling karena saya ingin tahu system kerja sales (pemasaran / marketing)...
Berbeda dengan sales door to door yang dari pagi sampai sore yang harus kejar target...
Saya saja malas kalo harus dari pagi sampai sore hanya untuk menjadi sales dan bergaji sangat kecil...
Di tempat dulu saya bekerja pun 3 bulan tidak berhasil menjual produk, tetap di beri Gaji pokok lalu di pecat... :v 


Namun disatu sisi ada keuntungan menjadi sales yaitu :
  1. Isentif yang menarik apabila terjadi penjualan produk.
  2. Mendapat pengalaman bagaimana cara berbicara kepada orang yang berbeda-beda sifatnya .
  3.  Menjadi lebih tahu area jalan-jalan yang jarang kita lalui :v (karena tugas jadi harus lewati jalan yang mungkin belum pernah kita lewati).
  4. Kenal dengan berbagai macam type orang, bahkan kita bisa dikenal oleh atasan suatu perusahaan. :D dan mungkin apabila anda ingin melamar kerja di perusahaan orang itu bisa lebih cepat keterima kalo kita bisa lebih dekat. :p
 Pada bulan pertama saya bekerja, saya tidak berhasil menjual 1 produk pun.
Atasan pun marah sama SPV,dan SPV marah sama Sales nya :v.

Namun setelah saya mencoba untuk membuka usaha sendiri seperti toko online, dan ketika tidak ada yang membeli berbulan-bulan, tentu saja itu membuat kita jadi turun semangat...

Kita yang sendiri (personal) saja bisa stress promo kesana-kesini selama berbulan-bulan, meski via online tapi tidak ada juga yang membeli.... Bahkan like saja produk kita tidak ada... :p tambah streess lu.. haha...

Apalagi perusahaan yang nyata, yang harus membayar karyawannya tiap bulan, tapi tidak ada produk yang terjual oleh karyawannya atau tidak menghasilkan keuntungan  bagi perusahannya, BOS mana yang tidak akan Stress juga...

Jadi kira-kira begitulah pandangan saya tentang menjadi seorang sales...
Sales bukan pekerjaan yang memalukan...
Namun keberlangsungan  perusahaan yang memiliki system SALES, Untung Rugi perusahaan ada pada kunci pada system Pemasaran itu sendiri....

Saat ini pun hampir tidak ada perusahaan yang tidak menggunakan system MARKETING (PEmasaran) hanya saja mungkin caranya yang berbeda-beda... :)

Tujuan Sales pun adalah memberitahukan kepada calon konsumen bahwa perusahaan tersebut ada.
Calon konsumen Yang tidak tahu menjadi tahu.  Dan sebagainya.

Sekian dulu postingan dari saya..
Semoga bermanfaat... :)

No comments:

AdHitz Ads

Powered by Blogger.